Senin, 05 November 2012

kisi-kisi gue

TEORY PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Point-pointnya yaitu :
1.    Pioneer lahirnya paradigma pemberdayaan masyarakat di Indonesia
· paradigma pertumbuhan---paradigma human development---paradigma pemberdayaan masyarakat
v  paradigma pembangunan terjadi pada tahun 1966-1996 yang menekankan pada pembangunan ekonomi dengan system top-down, tetapi kesenjangan ekonomi sangat jelas dan terbukti tidak menghasilkan “efek tetesan” (tricle down effect). Sehingga, kemiskinan semakin parah dan kesejahteraan rakyat tidak terwujud.
v   Paradigma pembangunan manusia (human development ) ditandai dengan pelaksanaan pembangunan yang berorientasi pada pelayanan sosial. Seperti di sector kesehatan, perbaikan gizi, pendidikan dan pendapatan juga upaya mewujudkan keadilan dan pemerataan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.
v  Paradigma pemberdayaan masyarakat menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan yang berpusat pada manusia. Dengan tujuan utama adalah aktualisasi optimal dari potensi manusia supaya kehidupannya lebih sejahtera.


2.    Pembangunan, demokratisasi, globalisasi dan pemberdayaan masyarakat
·        Hubungan konsep Pembangunan, demokratisasi, globalisasi dan pemberdayaan
v Konsep pembangunan yang menekankan pada pembangunan ekonomi  yang bersifat sentralistik menyebabkan kemiskinan semakin tingggi dan kesenjangan sosial dan yang paling parah adalah matinya DEMOKRASI yang dimanipulasi dan hanya sebagai slogan dimana rakyat semakin menderita dan penguasa semakin makmur dan tidak perduli dengan rakyat. Dengan adanya masalah tersebut maka pemberdayan masyarakat menjadi penting dalam rangka menumbuhkan kreaktifitas masyarakat di tengah globalisasi yang kita alami sekarang ini.


3.    Pengertian, tujuan, metoda, tahap, sasaran, pendekatan dan indikator keberhasilan pemberdayaan masyarakat

v  Pengertian pemberdayaan masyarakat
·        PEMBERDAYAAN MRPKN proses menjadikan masyarakt agar berdaya dan memiliki kemampuan meski di bawah tekanan hambatan structural atau dominasi kekuasaaan (RESS STUART).
v  Perbedaan pemberdayaan di Indonesia dengan pemberdayaan di Barat
§  Pemberdayaan di barat yaitu bagaimana kelompok tertindas (marjial) melawan kelompok penguasa .
§  Pemberdayaan di Indonesia yaitu bagaimana mengali potensi masyarakat  agar dapat bangkit atau berdaya dengan adanya kendala cultural dan ideology.
v Tujuan pemberdayaan
1.    memberikan kebebasan dan keadilan sosial (social justice)
2.    utk mendaptkan rasa aman dan percaya diri
3.    mencapai kesejahteraan dan mencapai kesamaan.

v  Tahapan pemberdayaan
1.    Tahap PENYADARAN yaitu memberikan pencerahan dalam bentuk penyadaran bahwa kelompok atau individu mempunyai hak untuk mempunyai sesuatu. misalnya memberi pengetahuan yang bersifat kognitif dan belief.
2.    Tahap pengkapasitasan yaitu memberi kapasitas kepada individu maupun kelompok  untuk menerima daya atau kekuasaan yang diberikan dengan pelatihan, workshop , seminar dsb. Proses ini menyangkut manusia, organisasi dan system nilai.
Catatan :
·        jiwa sosial preneour yaitu jiwa rekayasa sosial. Seperti membuat lembaga KDRT. Sosiolog diharapkan mempunyai jiwa tersebut.
·        Pemberdayaan kelompok menjadi penting  karena kelompok itu bagian dari orang-orang yang mereka saling memiliki antar anggota.
3.    Tahap pendayaan yaitu memberikan daya, kekuasaan, otoritas dan peluang sesuai dengan kecakapan yang dimiliki. Seperti pemberian kredit kepada kelompok miskin sesuat dengan kemampuannya.

v  Sasaran pemberdayaan
·        Yaitu kelompok masyarakat yg mengalami ketidakberdayaan karena adanya ketimpangan sosial. Misalnya kelompok miskin dihadapan kelompok  kaya.

4.    Manajement community
·        Yaitu pendekatan yang menekankan pada upaya menggali potensi sumberdaya local dalam rangka pemberdayaan masyarakat. Baik secara plitik, ekonomi, dan sosial.
·        Contoh : USAHA SEPATU CIBADUYUT, USAHA TAS SIDOARJO (JATIM, BOGOR), COR LOGAM BATU (JATENG), SALAK PONDOH (SLEMAN), JERUK DI MEMPAWAH (KALBAR), KOPI DI TEKENGON (ACEH).
·        pendekatan Community Management atau Community Enterprises yaitu meningkatkan dan memperluas kegiatan usaha yg berbasis komunitas.
·        CIRI-CIRI YG DIHARAPKAN DLM COMMUNITY MANAGEMENT :
1.    Telah terlembaga secara sosial dan kultural
2.    Hasil dari proses belajar masyarakat (social learning).
3.    Bercirikan lokal
4.    Dukungan masyarakat
5.    pemerataan
6.    terbuka terhadap inovasi
7.    hubungan yang terbuka dengan pihak luar
8.    produktifitas tinggi.
·        Gerakan pemberdayaan intinya adalah adanya komitment terhadap masyarakat yang tidak memiliki kekuatan. Seperti meningkatkan pendidikan di masyarakat.
·        TOLOK UKUR KEBERHASILAN UPAYA PEMBERDAYAAN yaitu apabila masyarakat mampu meningkatan kesejahteraan sosial  melalui peningkatan SDM, Kemampuan permodalan,  pengembangan usaha dan partisipasi dengan kemampuan yang dimilikinya.



5.    Corporate Social Responsibility (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan)

·        CSR Adalah komitmen perusahaan atau dunia bisnis untuk berkontribusi  dalam pengembangan ekonomi yg berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian terhadap aspek EKONOMI, SOSIAL,  dan  LINGKUNGAN.

·        Contoh Progam CSR :
§  PT KALTIM PRIMA COAL, perusahaan yg bergerak di bidang PERTAMBANGAN BATU BARA, di Kabupaten KUTAI, KALTIM, menyisihkan 5 juta dollar AS atau sekitar 46,5 miliar rupiah per tahun untuk melakukan berbagai kegiatan.masyarakat sekitar hutan yaitu memberikan pelatihan pertanian  ORGANIK dan mengembangkan agrowisata dan pembibitan tanaman-tanaman lokal.

·        7 BIDANG PROGRAM CSR:
Agro bisnis,  pendidikan, kesehatan, pendayagunaan usaha mikro kecil menengah, infrastruktur, pelestarian alam dan budaya, serta penguatan kapasitas kemasyarakatan dan pemerintahan.

·        MANFAAT CSR BAGI PERUSAHAAN:
1.    Mempertahankan dan mendongkrak reputasi serta citra merek perusahaan
2.    Mereduksi resiko bisnis perusahaan
3.    Meningkatkan semangat dan produktifitas karyawan
4.    Peluang mendapatkan penghargaan
5.    Membuka peluang pasar yg lebih luas
6.    Mereduksi biaya, misalnya terkait dampak pembuangan limbah


v  Jika hubungan antara perusahaan dan masyarakat TIDAK MESRA, bisa dipastikan ada masalah dgn operasionalisasi perusahaan tsb.
v  Oki, selain diharapkan untuk memberdayakan masyarakat, dari sisi perusahaan agar berjalan lancar tanpa gangguan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About